Kamis, 08 Januari 2015

Pesawat Kepresidenan RI dari Soekarno Hingga SBY

Hampir semua pemimpin dunia mempunyai pesawat khusus yang digunakan untuk suatu kunjungan ke negara lain atau wilayah yang jauh dari ibukota negara.
Hal yang sama juga terjadi dengan Presiden Republik Indonesia (RI). Sejak Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), selalu siap pesawat khusus yang mengangkut sang presiden untuk kunjungan kenegaraan.
Pesawat Kepresidenan RI dari Soekarno Hingga SBY
Seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut ini pesawat-pesawat yang digunakan RI-1 :

I. Presiden Soekarno (1945-1967)

Sukarno MudaPada era presiden Sukarno, pesawat kepresidenan yang pernah dipakai berjumlah kurang lebih sebanyak enam buah. 
Beberapa diantara pesawat tersebut adalah pemberian atau hadiah presiden lainnya, seperti presiden Amerika Serikat john F Kennedy dan Presiden Russia, Nikita C.
1. DC-3 Dakota
Pesawat-Kepresidenan RI DC-3 DakotaProklamator Kemerdekaan Indonesia ini menggunakan DC-3 Dakota sebagai pesawat kepresidenannya. Pesawat ini adalah sumbangan masyarakat Aceh yang mengumpulkan 20 kilogram emas untuk membeli Dakota yang selanjutnya digunakan untuk berbagai keperluan seperti membantu perjuangan bangsa termasuk digunakan Soekarno sebagai presiden untuk menjalankan diplomasi luar negerinya.
2. DC-8 PanAm
Pesawat-Kepresidenan RI DC-8 PanAm
Ini adalah pesawat yang disewa Pemerintah RI dari Pan American World Airways (PanAm) Amerika Serikat (AS) untuk keperluan pejalanan Presiden Soekarno. Uniknya, pesawat ini digunakan Soekarno dalam lawatan ke Moskow, Uni Soviet saat hubungan AS dan negara komunis itu sedang tegang-tegangnya saat Perang Dingin berlangsung.
3. Boeing 707 PanAm
Pesawat-Kepresidenan RI Boeing 707 PanAm
Pesawat ini disewa Pemerintah RI dari PanAm pada saat kunjungan Presiden Soekarno melawat ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden AS John F. Kennedy tahun 1961. Pesawat disewa lengkap dengan pilot dan pramugari dari PanAm.
4. Lockheed C-140 Jetstar
Pesawat-Kepresidenan RI Lockheed C-140 Jetstar
Sekembali Presiden Soekarno dari AS, pemerintah negara tersebut menghadiahi Indonesia dengan pesawat Lockheed C-140 Jetstar yang diberi nama Saptamarga, Irian, dan Pancasila. Soekarno mempunyai tiga pesawat C-140 Jetstar unuk menopang lawatan ke luar negeri maupun dalam negeri. Ketiga pesawat itu dinamai “Sapta Marga”, “Irian” dan “Pancasila”. Salah satu pesawat ini sempat dijadikan sebagai pesawat kepresidenan yang stand by di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma untuk mengevakuasi presiden manakala bila terjadi ancaman.
5. Ilyushin Il-18
Pesawat-Kepresidenan RI Ilyushin Il-18
Tidak mau kalah” dengan AS, Presiden Uni Soviet Nikita Kruschev menghadiahi dua unit pesawat Ilyushin Il-18 untuk Presiden Soekarno. Pesawat ini kemudian menjadi salah satu pesawat kepresidenan RI dan diberi nama “Dolok Martimbang”. Pesawat bermesin propeller ini digunakan Presiden Soekarno untuk melakukan kunjungan di dalam negeri dan ke kawasan regional Asia Tenggara.
6. Convair 990 Garuda Indonesia Airways
Pesawat-Kepresidenan RI Convair 990 Garuda Indonesia Airways
Tahun 1963 Garuda Indonesia Airways membeli Convair 990 dan sempat dijadikan pesawat kepresidenan RI. Presiden Soekarno menggunakan pesawat ini dalam kunjungan ke beberapa negara seperti Jepang, Korea Utara, dan Aljazair.

II. Presiden Soeharto (1967-1998)

Suharto, former President of IndonesiaPada era presiden Suharto, pesawat kepresidenan yang pernah dipakai berjumlah kurang lebih sebanyak lima buah. 
Beberapa diantara pesawat tersebut adalah sewaan dari maskapai penerbangan nasional, yaitu Garuda Indonesia dan Pelita Air Service.
Selain pesawat, presiden Siharto juga menggunakan beberapa helikopter sebagai kendaraan kepresidenan.
1. C-130 Hercules TNI AU
Pesawat-Kepresidenan RI C-130 Hercules TNI AU
Di awal pemerintahannnya di tahun 1967, Presiden Soeharto menggunakan C-130 Hercules untuk berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia. Memang Hercules untuk keperluan Presiden ini tidak sama dengan Hercules biasa. Kabinnya dibuat nyaman untuk mengangkut VVIP.
2. DC-8 Garuda Indonesia Airways
Pesawat-Kepresidenan RI DC-8 Garuda Indonesia Airways
Presiden Soeharto juga sempat menggunakan pesawat yang disewa Pemerintah RI dari maskapai Garuda Indonesia jenis DC-8 ini untuk berkunjung ke luar negeri di masa awal pemerintahannya.
3. Avro RJ-185 dan Fokker 28 Pelita Air Service. Presiden Soeharto kerap menggunakan 2 pesawat yang disewa dari anak perusahaan Pertamina ini untuk kunjungan di dalam negeri sampai era 80an dan 90an awal. Avro RJ-185 kelak masih dipakai 3 presiden setelah Soeharto yaitu Habibie, Gus Dur dan Megawati untuk perjalanan di dalam negeri.
4. Super Puma
Selain 3 pesawat diatas, Soeharto juga pernah memakai helikopter SA-330 Puma, atau SA 332 Super Puma TNI AU.
4. DC-10 Garuda Indonesia
Pesawat-Kepresidenan RI DC-10 Garuda Indonesia
Di era 80an, Presiden Soeharto menggunakan pesawat DC-10 yang disewa pemerintah dari Garuda Indonesia. Pesawat bermesin tiga buatan McDonell Douglas, AS ini sering menjadi trademark Soeharto kala berkunjung ke luar negeri.
5. MD-11 Garuda Indonesia
Memasuki era 90an, Garuda Indonesia mengganti armada DC-10 nya dengan MD-11. Masih model mesin 3 seperti halnya DC-10 namun dengan mesin yang lebih kuat dan adanya winglet di ujung-ujung sayapnya.
Tampaknya Presiden Soeharto atau pemerintah saat itu menyukai pesawat model 3 mesin untuk fasilitas presiden. Soeharto menggunakan pesawat ini di perjalanan terakhirnya ke Mesir beberapa saat sebelum lengser dari jabatan kepresidenan.

III. Presiden BJ. Habibie (1998-1999)

Ketika IPTN dimatikan IMF (BJ Habibie)Pada era presiden BJ. Habibie, pesawat kepresidenan yang pernah dipakai hanya satu kali saja, saat ada pertemuan ASEAN di Myanmar, mengingat BJ. Habibie hanya sebentar sebagai presiden, menggantikan presiden Suharto setelah mundur akibat gerakan Reformasi.
Namun sebenarnya jumlah pesawat kepresidenan yang bisa dipakai tetap sama, ada lebih dari satu buah dan masih sama seperti saat presiden Suharto berkuasa, walau itu pun hanya sewaan dari maskapai nasional atau pun swasta.
1. Avro RJ-185 Pelita Air Service
Pesawat-Kepresidenan RI BAE Systems Avro 146-RJ85
Presiden Habibie hanya sebentar menjabat presiden dan tercatat tak pernah memakai pesawat kepresidenan, dikarenakan tak pernah melakukan kunjungan keluar negeri. Namun ia menggunakan pesawat milik Pelita yang pernah digunakan Soeharto saat jadi presiden. Dan menurut catatan, saat menghadiri KTT ASEAN di Singapura, Habibie berangkat pagi dan pulang malam dengan menggunakan pesawat Avro RJ-185 Pelita Air.

IV. Presiden Abdurrahman Wahid (1999-2001)

Gus Dur 2Pada era presiden Abdurrahman Wahid atau akrab dipanggil Gusdur, pesawat kepresidenan yang pernah dipakai sama seperti yang telah dIpakai presiden Suharto.
Namun pesawat kepresidenan yang paling sering dipakai Gusdur adalah Garuda Indonesia MD-11 dan sebuah Boeing 707 milik TNI-AD.
1.Boeing 707 TNI AU
Pesawat-Kepresidenan RI Boeing 707 TNI AU
Presiden yang akrab dipanggil Gus Dur ini pernah menggunakan pesawat Boeng 707 VVIP TNI AU untuk perjalanan keluar negeri. Namun ada satu kisah saat Presiden Gus Dur hendak berkunjung ke Australia. Sampai di atas Darwin, pesawat mengalami kebocoran oli sehingga harus mendarat darurat di Pangkalan AU Australia di Darwin.
2. MD-11 Garuda Indonesia. Presiden Gus Dur masih menggunakan pesawat MD-11 yang disewa dari Garuda Indonesia untuk perjalanannya ke luar negeri.
3. Avro RJ-185. Pesawat milik Pelita Air ini sering dipergunakan Presiden Abdurrahman Wahid untuk perjalanan nya di dalam negeri.

V. Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004)

megawati sukarnoputeriPada era presiden Megawati Soekarnoputri, pesawat kepresidenan yang pernah dipakai yaitu Garuda Indonesia MD-11. Sedangkan satu lagi adalah Avro RJ-185 pesawat milik Pelita Air Service.
Kedua pesawat kepresidenan tersebut sama seperti yang telah dipakai presiden Suharto, BJ.Habibie, dan Abdurrahman Wahid.
1. MD-11 Garuda Indonesia
MD-11 Garuda Indonesa, penerus DC-10 yang sering digunakan Soeharto, Gus Dur, dan Megawati saat jadi presiden (Foto : wikipedia)
MD-11 Garuda Indonesa, penerus DC-10 yang sering digunakan Soeharto, Gus Dur, dan Megawati saat jadi presiden (Foto : wikipedia)
Presiden Megawati Soekarnoputri melanjutkan masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Megawati tidak terlalu sering mengadakan kunjungan ke luar negeri. MD-11 yang disewa dari Garuda Indonesia adalah pesawat yang dipergunakan.
2. Avro RJ-185. Seperti halnya Soeharto, BJ.Habibie, dan Abdurrahman Wahid, pesawat milik Pelita Air Service ini sering dipergunakan Presiden Megawati untuk perjalanan nya di dalam negeri.

VI. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014)

sby susilo-bambangPada era presiden Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, pesawat kepresidenan yang pernah dipakai ada dua buah dan kedua-duanya dari perusahaan produsen ternama dan berpengalaman di dunia, yaitu Airbus dan Boeing.
Pesawat kepresidenan pertama yaitu pesawat sewaan dari Garuda Indonesia Airbus A330 seri 300. Sedangkan satu lagi adalah juga pesawat sewaan daRi maskapai yang sama, Garuda Indonesia, namun kali ini produsennya adalah Boeing, yaitu Boeing 737.
1. Airbus A330-300 Garuda Indonesia
Pesawat-Kepresidenan RI Airbus A330-300 Garuda Indonesia_PK-GPE
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kerap menggunakan pesawat Airbus A330-300 yang disewa dari maskapai Garuda Indonesia.
2. Boeing 737 Garuda Indonesia. Untuk perjalanan di dalam negeri atau regional, Presiden yang kerap dipanggil SBY ini menggunakan Boeing 737 yang juga disewa dari Garuda Indonesia. Dimensi dan kapasitas pesawat ini memang lebih kecil daripada Airbus A330.
3. Boeing 737 BBJ (Boeing Business Jet)
Pesawat Kepresidenan RI saat tiba di KTT Asean Myanmar 2014.
Pesawat Kepresidenan RI saat tiba di KTT Asean Myanmar 2014.
Pada era Presiden SBY dibeli sebuah pesawat khusus kepresidenan yaitu Boeing 737 BBJ (Boeing Business Jet) yang dibeli Pemerintah RI. pesawat ini akan dioperasikan oleh TNI AU dan masuk Skadron Udara 17 yang memang bertugas melayani VIP dan VVIP. Dengan harga USD 91,2 juta atau sekitar Rp 820 miliar, pesawat ini akan cukup nyaman dan canggih untuk keperluan transportasi Presiden RI.

sumber : indocropcircles.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar