Rabu, 31 Desember 2014

Tips Menyimpan Sikat Gigi Agar Bebas Kuman

Tips Menyimpan Sikat Gigi Agar Bebas Kuman

Selain memindahkan sikat gigi Anda menjauhi toilet, berikut ini beberapa tips penyimpanan sikat gigi agar terbebas dari kuman:

1. Jangan lupa untuk dibilas. Cuci sikat gigi Anda secara menyeluruh dengan air keran yang mengalir setiap kali Anda sebelum dan sesudah menggunakannya.
2. Jagalah agar tetap kering. Bakteri menyukai tempat yang lembab, oleh karena itu pastikan sikat gigi yang Anda pakai benar-benar kering, terutama di antara bulu-bulu sikatnya. Hindari penutup sikat gigi yang membuatnya tertutup dan menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri karena lembab.
3. Jagalah posisi sikat gigi Anda agar tetap tegak berdiri.
4. Pakailah sikat gigi Anda untuk diri Anda sendiri. Tidak peduli seberapa dekat Anda dengan adik, saudara, pasangan, dan lain sebagainya, jangan pernah menggunakan sikat gigi yang bercampur dengan milik mereka. Jangan menyimpan sikat gigi Anda bercampur dengan sikat gigi orang lain dalam satu tempat karena setiap sikat gigi Anda bersentuhan dengan bulu sikat orang lain, maka akan terjadi pertukaran kuman.
5. Gantilah sikat gigi Anda secara teratur. Persatuan Dokter Gigi Indonesia menyarankan untuk menggantinya setiap tiga sampai empat bulan sekali. Jika bulu sikat gigi Anda robek dan melukai gusi Anda maka segeralah untuk menggantinya.
Demikian beberapa tips yang membantu Anda untuk menjaga sikat gigi Anda agar bebas dari kuman dan bakteri. Membilas mulut Anda dengan obat kumur anti bakteri juga akan membantu meredakan bau mulut dan menghilangkan bakteri. Jangan lupa pula untuk selalu memeriksakan kesehatan gigi Anda setiap enam bulan sekali.

0 komentar:

Posting Komentar